Kamis, 06 Januari 2011

Pengaruh program televisi terhadap perkembangan anak



Anda penggila sinetron? Musik? Berita? Kuis berhadiah? Atau kartun jepang? Dan menyalakan televisi setiap saat? Lihat apa yang anda tonton bersama anak anda dan lihat  perkembangan anak anda setelahnya.  Ya, betapa besar pengaruh tayangan yang kita atau keluarga lihat terhadap perkembangan anak, baik dari segi pengetahuan, psikologis, dan segala aspek yang membantu pertumbuhannya.
Dalam teori pendidikan orangtua adalah pendidik pertama dan utama karena dalam keluarga lah anak mulai bersosialisai dengan lingkungan sekitarnya yaitu keluarga. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat sebagai produk dari revolusi industri, kemajuan teknologi khususnya televisi membawa dampak yang sangat banyak untuk perkembangan anak baik segi positif maupun negatif.     
Seorang anak tentu akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Begitu pula dengan apa yang ia lihat dan saksikan di televisi. Anak cenderung akan meniru dan melakukan apa yang ia lihat pertama kali. Baik ketika hal tersebut positif adanya, tapi apabila negatif? Ya. Tugas orangtualah untuk memfilter segala pengetahuan yang masuk dan tertanam dalam benak anak sejak dini.    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar